Sebuah keluarga Inggris sedang berlibur di sebuah rumah mobil (caravan)sewaan di Amerika Serikat. Perjalanan melalui California merekamengunjungi taman hiburan Gunung Sihir dekat Los Angeles. Sore hari,setengah jalan menuju hari yang paling menyenangkan di taman, ayah, ibu, dantiga anak-anak itu tiba di sebuah wahana taman kendaraan gantung yang sangatcuram. Dalam antrian, petugas taman memperingatkan semua orang tentangrisiko kehilangan topi, kacamata, koin, kunci, dll, dan peringatan inidigemakan oleh tanda-tanda besar di sekitar perjalanan. Dalam perjalananitulah, Ayah kehilangan kunci-kunci.
Karena rumah mobil itu adalah kendaraan pengganti dari mobil yang mengalamigangguan pada hari libur sebelumnya, maka tidak ada kunci cadangan. Adaenam kunci dalam kelompok yang hilang: pengapian, pintu depan, pintu samping,tangki bahan bakar, tangki elpiji, dan lemari penyimpanan.
Para petugas taman mengantar keluarga itu kembali ke rumah mobil mereka dan menunjukkan cara yang paling tidak merusakuntuk masuk ke dalamnya.
Untungnya ada jendela yang dibiarkan sedikit terbuka, yang memungkinkan anak keduabisa menjulurkan tangannya dan membuka pintu dari dalam.
Di dalam rumah mobil Ayah dan Ibu membahas apa yang harus dilakukan. Mereka benar-benarterdampar.
Anak kedua mengatakan dia telah menemukan kunci itu - tetapi tidak ada yangmendengarkan dengan benar. "Mungkin ini akan cocok, saya akan mengambilnya." (Optimismeanak kecil tentu saja tidak mengenal batas.)
Tidak berpikir bahwa kunci pemuda kecil itu akan cocok, Ayah mencobanya. Ternyatakunci itu pas untuk kunci kontak - dan pintu pengemudi. Anak kedua menjadipahlawan. Tampaknya dia menemukan kunci itu di lemari ketika mengemaspakaiannya segera setelah rumah mobil ini ditukar dengan kendaraan pertama yangrusak.
Keesokan harinya keluarga itu kembali ke lokasi kemah, dan Ayah menghubungitukang kunci lokal untuk melihat apa yang bisa dilakukan.
"Saya mungkin bisa membuat kunci baru, jika Anda membawa kendaraan itukesini," kata tukang kunci. Keluarga itu pergi ke tukang kunci, yang tempatbisnisnya terletak di sebuah pusat perbelanjaan kecil di pedesaan California.
Tukang kunci ini melihat rumah mobil itu, dan mengatakan ia akanmencoba."Jika Anda datang kembali dalam satu jam aku akan tahu lebih baikapa yang bisa kulakukan untukmu."
Keluarga itu pergi ke toko-toko terdekat dan bar untuk melewatkan waktu. Ayahkembali ke tukang kunci untuk melihat apa yang dilakukan. Tukang kunci itumengatakan ia merasa bisa membuat kunci baru untuk semua kunci, tapi itu akan makanwaktu yang lumayan lama.
Ternyata pekerjaan itu mengambil sebagian besar hari. Keluarga itu berkeliarandi sekitar tukang kunci, mengunjungi lagi toko-toko, dan menghabiskan waktu dipusat perbelanjaan kecil itu. Sambil membuat kunci-kunci baru, tukangkunci itu berbicara dengan keluarga itu tentang Inggris, tentang Amerika,tentang wahana di Las Vegas, tentang rumah mobil, tentang bisnis, tentangkunci, tentang keluarga dan anak-anak, tentang banyak hal.
Sore hari tukang kunci mengatakan ia hampi selesai - "Tapi Anda punyawaktu untuk pergi cari makan jika Anda ingin. Saat anda kembali nanti, ini pastisudah selesai.." Jadi keluarga pergi ke bar burger untuk makan.
Satu jam kemudian keluarga itu kembali ke toko tukang kunci itu. Saat itu pukul4:00 soredan mereka sudah berada di pusat perbelanjaan itu sejak pukul 10.00pagi.
Ketika Ayah memasuki toko tukang kunci itu, si tukang kunci tersenyum. Diamenempatkan dua renceng kunci baru berkilauan di meja. "Ini dia -satu set baru kunci untuk semua kunci, dan satu set cadang juga," katatukang kunci itu.
Karena rumah mobil itu adalah kendaraan pengganti dari mobil yang mengalamigangguan pada hari libur sebelumnya, maka tidak ada kunci cadangan. Adaenam kunci dalam kelompok yang hilang: pengapian, pintu depan, pintu samping,tangki bahan bakar, tangki elpiji, dan lemari penyimpanan.
Para petugas taman mengantar keluarga itu kembali ke rumah mobil mereka dan menunjukkan cara yang paling tidak merusakuntuk masuk ke dalamnya.
Untungnya ada jendela yang dibiarkan sedikit terbuka, yang memungkinkan anak keduabisa menjulurkan tangannya dan membuka pintu dari dalam.
Di dalam rumah mobil Ayah dan Ibu membahas apa yang harus dilakukan. Mereka benar-benarterdampar.
Anak kedua mengatakan dia telah menemukan kunci itu - tetapi tidak ada yangmendengarkan dengan benar. "Mungkin ini akan cocok, saya akan mengambilnya." (Optimismeanak kecil tentu saja tidak mengenal batas.)
Tidak berpikir bahwa kunci pemuda kecil itu akan cocok, Ayah mencobanya. Ternyatakunci itu pas untuk kunci kontak - dan pintu pengemudi. Anak kedua menjadipahlawan. Tampaknya dia menemukan kunci itu di lemari ketika mengemaspakaiannya segera setelah rumah mobil ini ditukar dengan kendaraan pertama yangrusak.
Keesokan harinya keluarga itu kembali ke lokasi kemah, dan Ayah menghubungitukang kunci lokal untuk melihat apa yang bisa dilakukan.
"Saya mungkin bisa membuat kunci baru, jika Anda membawa kendaraan itukesini," kata tukang kunci. Keluarga itu pergi ke tukang kunci, yang tempatbisnisnya terletak di sebuah pusat perbelanjaan kecil di pedesaan California.
Tukang kunci ini melihat rumah mobil itu, dan mengatakan ia akanmencoba."Jika Anda datang kembali dalam satu jam aku akan tahu lebih baikapa yang bisa kulakukan untukmu."
Keluarga itu pergi ke toko-toko terdekat dan bar untuk melewatkan waktu. Ayahkembali ke tukang kunci untuk melihat apa yang dilakukan. Tukang kunci itumengatakan ia merasa bisa membuat kunci baru untuk semua kunci, tapi itu akan makanwaktu yang lumayan lama.
Ternyata pekerjaan itu mengambil sebagian besar hari. Keluarga itu berkeliarandi sekitar tukang kunci, mengunjungi lagi toko-toko, dan menghabiskan waktu dipusat perbelanjaan kecil itu. Sambil membuat kunci-kunci baru, tukangkunci itu berbicara dengan keluarga itu tentang Inggris, tentang Amerika,tentang wahana di Las Vegas, tentang rumah mobil, tentang bisnis, tentangkunci, tentang keluarga dan anak-anak, tentang banyak hal.
Sore hari tukang kunci mengatakan ia hampi selesai - "Tapi Anda punyawaktu untuk pergi cari makan jika Anda ingin. Saat anda kembali nanti, ini pastisudah selesai.." Jadi keluarga pergi ke bar burger untuk makan.
Satu jam kemudian keluarga itu kembali ke toko tukang kunci itu. Saat itu pukul4:00 soredan mereka sudah berada di pusat perbelanjaan itu sejak pukul 10.00pagi.
Ketika Ayah memasuki toko tukang kunci itu, si tukang kunci tersenyum. Diamenempatkan dua renceng kunci baru berkilauan di meja. "Ini dia -satu set baru kunci untuk semua kunci, dan satu set cadang juga," katatukang kunci itu.
Ayah yang metawarkan kartu kredit dengan rasa terima kasih.
"Anda tahu, saya sudah memiliki waktu yang hebat hari ini bersama kalian,"kata tukang kunci, "Anda dapat memilikinya secara gratis."
Ini adalah kisah nyata. Ini terjadi lebih dari sepuluh tahun lalu. Sayamasih memberitahu orang tentang itu hingga sekarang, seperti saya lakukan ini. Perusahaanitu adalah Newhall Valencia Lock& Key, di El Centro ShoppingCenter, Canyon Country, California. Perusahaan ini memberi saya dankeluarga saya sebuah pengalaman yang melampaui layanan pelanggan, dan sayasangat gembira ketika saya menemukan kartu nama mereka di laci dapur saya keesokanharinya, karena mendorong saya untuk berbagi kisah ini dan untuk benar-benarmenyampaikan terima kasih.
Catatan akhir: Saya tidak menyarankan bahwa layanan pelanggan yang hebat adalah denganmemberikan produk dan jasa Anda secara gratis. Jelas itu bukan modelbisnis khususnya yang berkelanjutan. Apa yang saya katakan adalah bahwaada kalanya Anda akan melihat kesempatan untuk melakukan sesuatu yang sangatkhusus untuk pelanggan, atau untuk orang lain, dan ketika Anda melakukannya,riak 'kerikil baik' Anda dapat meregang ke seluruh dunia, dan berlangsungselama bertahun-tahun. Jadi, dalam batas-batas apa yang mungkin dan layakuntuk Anda, lakukanlah sesuatu yang baik setiap kali Anda bisa untuk membuat riak-riakAnda sendiri.
"Anda tahu, saya sudah memiliki waktu yang hebat hari ini bersama kalian,"kata tukang kunci, "Anda dapat memilikinya secara gratis."
Ini adalah kisah nyata. Ini terjadi lebih dari sepuluh tahun lalu. Sayamasih memberitahu orang tentang itu hingga sekarang, seperti saya lakukan ini. Perusahaanitu adalah Newhall Valencia Lock& Key, di El Centro ShoppingCenter, Canyon Country, California. Perusahaan ini memberi saya dankeluarga saya sebuah pengalaman yang melampaui layanan pelanggan, dan sayasangat gembira ketika saya menemukan kartu nama mereka di laci dapur saya keesokanharinya, karena mendorong saya untuk berbagi kisah ini dan untuk benar-benarmenyampaikan terima kasih.
Catatan akhir: Saya tidak menyarankan bahwa layanan pelanggan yang hebat adalah denganmemberikan produk dan jasa Anda secara gratis. Jelas itu bukan modelbisnis khususnya yang berkelanjutan. Apa yang saya katakan adalah bahwaada kalanya Anda akan melihat kesempatan untuk melakukan sesuatu yang sangatkhusus untuk pelanggan, atau untuk orang lain, dan ketika Anda melakukannya,riak 'kerikil baik' Anda dapat meregang ke seluruh dunia, dan berlangsungselama bertahun-tahun. Jadi, dalam batas-batas apa yang mungkin dan layakuntuk Anda, lakukanlah sesuatu yang baik setiap kali Anda bisa untuk membuat riak-riakAnda sendiri.
No comments:
Post a Comment